asalamu alaikum

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Jumat, 19 April 2013

masih soal latihan tentang kalor


SOAL ESSAY
1.      Suatu benda yang diberi kalor mengakibatkan benda tersebut suhunya naik atau berubah wujud. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya kalor untuk menaikan suhu benda dan berubah wujud.
2.      Sebutkan faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
3.      Tentukan besarnya kalor yang diperlukan untuk merubah 100 gram es bersuhu - 10 C0 menjadi uap pada suhu 100 C0. Kalor jenis es 0,5 kal/gram 0C kalor lebur es 80 kal/gram , kalor jenis air 1 kal/gram 0C, kalor uap air 542 kal/gram.
4.      Dalam botol termos terdapat 230 gram air pada suhu 90 0C. Ditambahkan susu sebanyak 200 gram pada suhu 5 0C. Jika dianggap tidak ada kalor yang diserap oleh botol termos, Tentukan suhu campuran tersebut ( c AIR = c SUSU = 1 kal/gram 0C )
5.      Apakah yang dimaksud dengan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi, serta berikan masing-masing dua contohnya.
6.      Apakah yang dimaksud dengan konduktor dan isolator, berilah masing-masing contohnya.
7.      Bagaimanakah cara kerja termos sehingga air yang tersimpan dalam termos tetap panas.
8.      Setrika terbuat dari dua bahan yang berbeda yaitu konduktor dan isolator. Sebutkan bagianbagian setrika yang terbuat dari kedua bahan tersebut. dan jelaskan
9.      Sebutkan konsep-konsep perpindahan panas secara konduksi, konveksi dan radiasi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
10.  Berapakah kalor yang dibutuhkan untuk mengubah 50 kg es bersusu -5 °C menjadi uap seluruhnya bersuhu 120°C jika kalor jenis es 0,55 kal/gram °C, kalor jenis air 1 kal/gram °C, kalor lebur es 80 kal/ gram dan kalor uap air 540 kal/gr ?
11.  Berapa kalor yang diperlukan untuk mengubah 100 gram es bersuhu -2 °C menjadi uap bersuhu 150° ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar